Friday, May 19, 2017

ASAL USUL SUKU HALOBAN ACEH









ASAL USUL SUKU HALOBAN ACEH - Suku Haloban mempunyai bahasa asli Haloban, dan bersaudara dengan bahasa Devayan yang berada di pulau Simalur (Simeulue), serta diperngaruhi juga dengan bahasa Nias yang berada di kepulauan Nias.  Sekarang bahasa Haloban hampir punah dengan bahasa para pendatang yang makin banyak memenuhi wilayah pulau ini. Bahasa Haloban hanya digunakan sehari-hari di rumah-rumah atau di kalangan masyarakat itu sendiri. Sedangkan keturunan Haloban banyak yang lebih suka berbicara dalam bahasa Aneuk Jamee atau bahasa Aceh yang sudah populer.


Asal usul suku Haloban ini diperkirakan bermigrasi bersama-sama dengan nenek moyang suku Nias, Mentawai dan Enggano, beserta dengan suku Devayan, Sigulai serta Lekon. Pada waktu sekitar 7000 tahun yang lalu bersinggah serta tersebar di pulau-pulau sebelah barat pulau Sumatra. Dapat didapati dari struktur fisik dan bahasa mereka yang mempunyai banyak kemiripan. Kebudayaan suku Haloban saat ini sudah terpengaruh oleh budaya Islam dan menggeser budaya asli dari suku Haloban.






Suku Haloban sebagian besar telah memeluk agama Islam yang pada zaman itu begitu kuat mempengaruhi di wilayah ini. Kebudayaan, tradisi adat istiadat serta seni-budaya suku Haloban sangat dipengaruhi oleh budaya dari agama Islam, yang disebarkan oleh masyarakat pendatang dari Aceh serta Minang.
Selain agama Islam yang sudah mayoritas di pulau Banyak itu, ada juga agama Kristen yang dianut oleh suku Nias yang berada di wilayah Sialit. Meskipun di daerah ini ada dua kelompok mayoritas agama, akan tetapi kerukunan beragama mereka sangat tinggi terbukti masih terjaganya serta hidup berdamoinagn secara harmonis di wilayah ini.


Mata pencaharian suku Haloban
Untuk keseharianya suku Haloban ini banyak yang menjadi nelayan serta petani. Mereka juga menanam berbagai macam tanaman untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka sehari-hari. Disamping itu juga memelihara beberapa hewan ternak seperti ayam, bebek, kambing serta sapi.

No comments:

Post a Comment

Silahkan komentar dengan bijak sesuai pembahasan