Friday, May 19, 2017

ASAL USUL SUKU SIGULAI ACEH








ASAL USUL SIGULAI ACEH - Suku Sigulai, sering disebut dengan suku Salang, yaitu suku yang bermukim di pulau Simalur bagian utara. Suku Sigulai terpusat di wilayah kecamatan Simalur Barat serta kecamatan Alafan. Masyarakat ini mendiami sebagian desa di kecamatan Salang, kecamatan Teluk Dalam serta kecamatan Simalur Tengah.


Suku Sigulai terdaftar sebagai suku asli yang berada kepulauan Simalur, berdampingan dengan suku Devayan, Lekon dan Haloban. Belum ditemukanya sejarah asal usul suku Sigulai ini secara tertulis, sehingga belum diketahui pasti asal usul suku Sigulai ini. Akan tetapi ada beberapa pendapat para penulis di beberapa situs di web, menyatakan kalau suku Sigulai itu dulu kala berasal dari wilayah yang sama dengan suku Devayan, Lekon, Haloban dan Nias serta Mentawai. Sebab secara fisik suku Sigulai itumasuk dalam ras mongoloid yang dulu kala bermigrasi ke wilayah ini bersama-sama dengan suku Nias, Mentawai, Devayan, Lekon serta Haloban, mereka tersebar di beberapa wilayah di pulau serta kepulauan yang berada di sebelah barat pulau Sumatra. Salah satunya ialah suku Sigulai yang masih bermukim di wilayah ini sampai sekarang.




Penduduk suku Sigulai mayoritas beragamakan Islam yang sangat kental mempengaruhi wilayah ini, dan membuat beberapa seni-budaya suku Sigulai terasa nilai-nilai Islami nya.


Bahasa yang digukanan suku Sigulai, masih bersaudara dengan bahasa Devayan, begitu dengan bahasa Lekon serta Nias. Meskipun mereka berbeda akan tetapi masih mempunyai kemiripan dalam perbendaharaan kata juga dialeknya. Bahasa Suku Sigulai sendiri masih berada di tengah-tengah dominasi bahasa Aneuk Jamee yang merupakan bahasa pengantar di wilayah itu. Selain bahasa Aneuk Jamee, bahasa Aceh juga ikut mempengaruhi kehidupan berbahasa pada suku-suku asli di pulau Simalur ini. Yang membuat kalangan generasi muda suku Sigulai cenderung lebih suka berbicara dalam bahasa Aneuk Jamee untuk pergaulan sehari harinya. Bahasa Sigulai sendiri, sering diucapkan di wilayah perkampungan, di rumah-rumah serta kalangan suku Sigulai saja.

No comments:

Post a Comment

Silahkan komentar dengan bijak sesuai pembahasan